Senin, 12 Oktober 2009

KOMPUTER VS INFORMASI

Menurut Anda Mana Yang Paling Penting Antara Mengerti Komputer Dengan Mengerti Informasi Bagi Seorang Manajer ...?????


Sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, alangkah lebih baiknya kalau kita terlebuh dahulu mengetahui definisi dari mengerti komputer (computer literacy) dan mengerti informasi (information literacy).
  • Mengerti komputer (computer literacy) adalah pengetahuan tentang komputer yang mencakup pengertian tentang istilah-istilah komputer, pemahaman tentang keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer dll.
  • Sedangkan mengerti informasi meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tahap dari proses pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh dan bagaimana berbagi informasi dengan orang lain.
Jadi, menurut saya memang sebaiknya manajer harus lebih mengerti informasi daripada mengerti komputer. Karena pemahaman tentang informasi itu nantinya akan digunakan oleh manajer sebagai langkah untuk pengambilan sebuah keputusan atau untuk pemecahan masalah (problem solving).

Apa jadinya nanti jika seorang manajer lebih mengerti komputer daripada mengerti informasi. Kalau hal itu terjadi maka bisa dipastikan manajer tidak dapat mengambil keputusan yang benar dalam penyelesaian suatu masalah. Karena sesungguhnya komputer bukanlah satu-satunya sumber yang dapat menghasilkan informasi, masih banyak sumber-sumber lainnya yang dapat menghasilkan informasi yang sifatnya non-komputer baik dari lingkungan internal maupun eksternal.

Tapi alangkah lebih baiknya lagi jika manajer mengerti kedua hal tersebut karena biar bagaimanapun juga komputer itu sendiri adalah alat yang dapat menghasilkan informasi. Apalagi jika ada data yang tidak mudah dikelola secara manual, artinya data tersebut perlu dikelola, dianalisis dan diperhitungkan secara lebih teliti lagi. Nah, hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh komputer dengan berbagai penerapan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan datanya.

Jadi, bagaimana menurut pendapat anda......Apakah lebih baik mengerti komputer atau mengerti informasi.....??????

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates