Jumat, 06 November 2009

DASAR-DASAR PEMROSESAN KOMPUTER

A. Perangkat Keras Komputer
Komputer muncul dengan beragam kecepatan pada berbagai harga tetapi semuanya memiliki cara-cara yang sama yaitu prosesor, memory, penyimpana dan peralatan input maupun output.

=> Prosesor : unit utama tempat pemrosesan dilakukan. Komponen ini disebut juga CPU (Central Processing Unit).
=> Memory : komponen ini disebut juga main memory, penyimpanan primer atau RAM (Random Access Memory). Komponen ini mengacu pada area penyimpanan tempat data yang sedang diproses dan instruksi program yang sedang dilaksanakan. Jenis-jenis memory antara lain yaitu RAM, ROM, DRAM, SDRAM, SIMM, dan DIMM.
=> Penyimpanan : biasanya tempat penyimpanan berbentuk pita atau disk. Perangkat keras komputer yang membaca dan menulis ke medium disebut drive. Media yang berkapasitas besar adalah zip disk, jaz disk, CD dan DVD.
=> Alat-alat input : biasanya berbentuk keyboard, mouse dan alat-alat yang pemakaiannya dengan menggunakan sentuhan jari di atas layar komputer.
=> Alat-alat output : seperti monitor dan printer, lalu ada yang peralatan input dan output yang mengarah ke multimedia seperti informasi dalam bentuk narasi yang dapat diproyeksikan ke layar komputer disertai dengan gambar atau video.

B. Perangkat Lunak Komputer
Ada dua jenis dasar yaitu perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
* Perangkat Lunak Sistem : Diperlukan untuk menggunakan komputer itu sendiri.
Bagian yang termasuk ke dalam perangkat ini adalah :
a. Sistem operasi :
berfungsi sebagai interface yang menghubungkan pemakai, perangkat lunak yang memroses data perusahaan dan perangkat keras.
b. Program utility :
berfungsi untuk menyalin file, menghapus file, mengurutkan isi file, menggabungkan dua file atau lebih, menyiapkan pemakaian media, penyimpanan yang dapat dipindahkan, memulihkan file yang hilang atau rusak memantau kinerja sistem dan mengendalikan arus data antara pemakai dan komputer.
c. Penerjemah bahasa :
bahasa pemrograman yang menerjemahkan instruksi programer menjadi instruksi komputer. Contohnya adalah COBOL, C dan C++, java, visuak basic dll.

* Perangkat Lunak Aplikasi : Digunakan untuk memroses data pemakai. Ada dua macam perangkat lunak aplikasi ini yakni :

a. Perangkat lunak aplikasi jadi :
Digunakan untuk menangani beberapa tugas yang terstandarisasi yang umumnya banyak dipakai dari satu bisnis ke bisnis lain. Perangkay lunak ini diproduksi oleh pemasok dan dijual kepada pemakai. Pemakai hanya tinggak meng-install perangkat lunak tersebut.

b. Perangkat lunak aplikasi pesanan :
Digunakan oleh organisasi bisnis yang memiliki operasi tidak serupa dengan bisnis yang lainnya. Terkadang operasinya serupa tetapi suatu bisnis tertentu tetap ingin mengembangkan perangkat lunak aplikasinya sendiri untuk memanfaatkan beberapa ciri khusus dari operasi bisnisnya tersebut. perangkat lunak ini dibuat oleh programer dari dalam perusahaan itu sendiri atau oleh kelompok konsultan programer.

Dasar-dasar pemrosesan komputer membentuk kemampuan perangkat lunak untuk membantu pengambilan suatu keputusan manajerial pada suatu perusahaan.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates