Rabu, 11 November 2009

JENIS-JENIS SUMBER DAYA INFORMASI

         
   Anda dapat mengelola informasi dengan terlebih dahulu mengelola sumber daya yang menghasilkan informasi. Dengan kata lain, daripada berkonsentrasi pada input (data) dan output (informasi) lebih baik perhatian kita seharusnya juga diberikan pada pengolah informasi (information processor) yang mengubah input menjadi output. Berikut ini adalah komponen yang termasuk ke dalam sumber daya informasi :
A. Perangkat keras koputer (hardwer) : adalah semua bagian fisik komputer dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya. Bagian-bagiab dari perangkat keras adalah :
- CD  : CD-ROM, CD-RW, CD-R
- DVD : DVD-ROM, DVD-RW, DVD-R
-Floppy disk
-Input : keyboard, mouse, trackball,joystik, scanner gambar dsb.
-Output : printer, speaker, dan monitor.
-Jaringan/networking : modem dan kartu network.
B. Perangkat lunak komputer (software) : adalah program komputer yang berfungsi sebagai sarana interaksi antara pengguna dan perangkat keras. Perangkat linak juga dapat dikatakan sebagai "penterjemah" perintah-perintah yang dijalankan pengguna komputer untuk diteruskan ke atau diproses oleh perangkat keras. Perangkat lunak ini dibagi menjadi tiga tingkatan: tingkatan program aplikasi (misalnya microsoft office), tingkatan sistem operasi (misalnya microsoft windows) dan tingkatan bahasa pemrograman (yang dibagi lagi atas bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan).
C. Spesialis informasi : adalah pegawai perusahaan yang sepenuh waktu bertanggung jawab mengembangkan dan memelihara sistem berbasis komputer. Lima golongan utama spesialis informasi :
  • analisis sistem
  • pengelola database
  • spesialis jaringan
  • progarammer
  • operator

D. Pemakai adalah para pengguna komputer atau orang-orang yang mengembangkan, mengoperasikan dan menggunakan sistem.

E. Fasilitas : jika perangkat keras dari sistem baru tidak sesuai dengan fasilitas yang ada, perlu dilakukan konstruksi baru/perombakan. Ruang komputer yang menyimpan mainframe atau komputer mini berskala besar merupakan kombinasi yang rumit dari lantai yang ditinggikan, pengendalian suhu, kelembaban yang khusus, keamanan, peralatan pendeteksi api, pemadam kebakaran dsb. Kelengkapan fasilitas didalam database juga sangat mendukung dalam pengelolahan informasi.

F. Database adalah kumpulan seluruh sumber daya berbasis komputer milik suatu organiasi tertentu. Database yang dikendalikan oleh sistem manajemen database adalah satu set catatan data yang berhubungan dan saling menjelaskan.

G. Informasi adaalah merupakan hasil pengolahan data sehingga menjadi bentuk yang penting bagi penerimanya dan mempunyai kegunaan sebagai dasar dalam pengambilan keputusan yang dirasakan akibatnya secara langsung saat itu juga atau secara tidak langsung pada saat mendatang.

   Saat para manajer menggunakan sebuah informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif, maka mereka harus menyadari bahwa tiap elemen tersebut sebagai sumber daya informasi. Contohnya, manajer harus mengerti bahwa pegawai yang mampu menerapkan komputer untuk menyelesaikan suatu permasalahan bisnis maka hal tersebut merupakan sumber daya yang berharga, demikian pula dengan para pemakai di lingkungannya. Lalu perusahaan harus mengelola sumber daya tersebut untuk mencapai hasil yang di inginkan.                    

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates