Selasa, 08 Desember 2009

ETIKA KOMPUTER

Etika Komputer

Etika komputer adalah analisis mengenai sifat dn dampak sosial teknologi komputer, serta formulasi dan justifikasi kebijakan untuk menggunakan teknologi tersebut secara etis.
Etika komputer terdiri atas dua aktivitas utama dan manajer yang paling bertanggung jawab atas aktivitas tersebut adalah CIO. CIO harus waspada dan sadar bagaimana komputer mempengaruhi masyarakat dan karena itu harus berbuat sesuatu dengan memformulasikan kebijakan-kebijakan yang memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan secara tepat.

Para manajer puncak juga bertanggung jawab dalam hal ini. Keterlibatan seluruh perusahaan merupakan keharusan mutlak dalam dunia end-user computing saat ini. Selain manajer, setiap pegawai juga harus bertanggung jawab atas aktivitas mereka yang berhubungan dengan komputer.

Alasan Pentingnya Etika Komputer

1. Kelenturan logika : kemampuan memrogram komputer untuk melakukan apapun yang kita inginkan. Komputer bekerja tepat seperti yang diinstruksikan oleh programernya.


2. Faktor transformasi : hal ini didasarkan pada fakta bahwa komputer dapat mengubah secara drastis cara kita melakukan sesuatu. Kita dapat melihat transformasi tugas yang sama pada semua jenis perusahaan.

3. Faktor tak kasat mata : hal ini karena semua operasi internal komputer tersembunyi dari penglihatan. Operasi internal yang tidak nampak ini dapat membuka peluang dalam hal :

=> Nilai-nilai pemrograman yang tidak terlihat adalah perintah-perintah yang programer kodekan menjadi program yang mungkin dapat atau tidak menghasilkan pemrosesan yang diinginkan pemakai.

=> Perhitungan rumit yang tidak terlihat berbentuk program yang sangat rumit sehingga tidak dimengerti oleh pemakai.

=> Penyalahgunaan yang tidak terlihat meliputi tindakan yang sengaja melanggar batasan hukum dan etika.

Masyarakat sangat memperhatikan bagaiman komputer dapat diprogram untuk melakukan segala sesuatunya, bagaimana komputer mengubah sebagian besar cara kita melakukan sesuatu dan fakta bahwa yang dikerjakan komputer pada dasarnya tidak terlihat.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates