Minggu, 13 Desember 2009

A. INTELIJEN BISNIS

"Jika anda ingin ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik, hal pertama yang Anda perlukan adalah pemahaman mengenai elemen-elemennya." Kebenaran dari kalimat tersebut berlaku dalam hal intelijen bisnis.

Perusahaan-perusahaan AS kurang memperhatikan perlunya pengumpulan informasi mengenai lingkungan mereka. Namun, setelah adanya persaingan global maka pengumpulan, penyimpanan dan penyebaran informasi lingkungan merupakan aplikasi komputer yang penting bagi banyak perusahaan di seluruh dunia. Aplikasi itu dikhususkan untuk mengumpulkan informasi tentang pesaing perusahaan, sehinggan tercipta istilah
intelijen kompetitif. Bila didefinisikan secara luas untuk mencakup informasi disemua elemen lingkungan, istilah yang tepat adalah intelijen bisnis. Informasi yang menjelaskan elemen-elemen dalam lingkungan perusahaan dinamakan intelijen.

B. TUGAS-TUGAS INTELIJEN DASAR

1. Mengumpulkan data : perusahaan dapat memperoleh data primer atau data sekunder. Data primer dikumpulkan oleh perusahaan sedangkan data sekunder dikumpulkan oleh orang lain dan disediakan oleh perusahaan.

2. Mengevaluasi data : semua data primer dan sekunder, harus dievaluasi sebelum digunakan untuk memastikan akurasinya.

3. Menganalisis data : pemikirn lateral menjelaskan bagaimana anda meneliti data dari berbagai sudut dan mencari berbagai pola. Tujuan dari langkah analisis adalah mengubah data menjadi intelijen.

4. Menyimpan intelijen : jika intelijen ada dalam bentuk tercetak, itu harus dimasukan melalui optical character recognition (OCR) atau dengan magnetik. Lalu harus disimpan dengan baik sehingga memudahkan pengambilan kembali.

5. Menyebarkan intelijen : suatu pendekatan canggih untuk penyebarab adalah dengan menyiapkan profil intelijen untuk tiap pemakai, yang menjelaskan dalam bentuk kode topik-topik intelijen yang ingin dipantau pemakai. Profil ini disimpan dalam komputer dan ketika datang sepotong intelijen yang cocok dengan profil tersebut, maka intelijen itu tersedia bagi pemakai. Teknik ini disebut penyebaran informasi selektif.

0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates