Minggu, 27 Desember 2009

KOMUNIKASI DATA

Kehebatan suatu komputer terbatas pada sumber daya yang dapat diaksesnya. Agar sumber daya di komputer lain dapat diakses, harus tersedia cara agar komputer anda dapat berkomunikasi dengan komputer-komputer lain. Setelah komputer-komputer tersebut berbagi data secara langsung, lahirlah suatu jaringan. Sekarang, perangkat keras dan perangkat lunak jaringan komunikasi bertindak sebagai pembawa, pembuat kode, dan pengurai kode.

Komunikasi data melalui jaringan memerlukan standar yang memungkinkan berbagai pembuat komputer dan perangkat keras komunikasi merancang produk yang dapat bertukar informasi. Operasi bisnis mengandalkan komunikasi antara para pemasok, pelanggan, serta pekerja yang terpencar secara geografis untuk menjalankan bisnisnya.

A. Dasar-Dasar Komunikasi
Komunikasi berbasis komputer memiliki tiga tingkatan, yang pertama adalah tingkat aplikasi yang merupakan tingkat paling tertinggi yang terdekat ke pemakai. Kedua adalah tingkat komputer yang membawa pesan e-mail ke saluran komunikasi. Dan tingkat terendah adalah saluran komunikasi kabel-kabel yang mentrasmisikan pesan ke komputer lain di internet.

=> Protokol komunikasi komputer : pembuat peralatan komputer dan komunikasi mengembangkan protokol seperti SNA, token ring, dan ethernet.

=> Paket : sebagian dari keseluruhan data yang akan dikomunikasikan, dikombinasikan dengan alamat komputer tujuan data tersebut dan informasi pengendali lainnya.

=> Alamat jaringan : empat rangkaian angka dari 0-255 yang dipisahkan oleh titik, dimana bagian alamat menentukan jaringan, host, sub-jaringan, dan komputer yang dituju.

B. Jaringan
1. Jaringan Setempat (Local Area Networks/LAN)
Adalah sekumpulan komputer dan perlatan lain yang saling behubungan melalui suatu medium yang sama.
2. Jaringan Metropolitan (Metropolitan Area Networks/MAN)
adalah jaringan dengan area yang cukup luas untuk mencakup suatu kata secara keseluruhan atau beberapa kata kecil yang berdekatan.
3. Jaringan Luas (Wide Area Networks/WAN)
Untuk menghubungkan berbagai komputer dan peralatan lain bila jaraknya melampaui batas LAN dan MAN.

C. Perangkat Keras Komunikasi
1. Modem : alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya.
2. Hub : alat yang menerima paket data dari suatu komputer di salah satu ujung topologi star dan menyalin isinya keseluruh alat lain.
3. Router : alat yang menghubungkan banyak LAN.
4. Switch : alat yang menyaring komunikasi data yang tidak ditujukan pada suatu komputer di suatu jaringan tertentu serta mengendalikan rute ke komputer penerima.

D. Sambungan Komunikasi
1. Sambungan pribadi
Adalah sirkuit yang terus terbuka untuk lalulintas komunikasi anda.
2. Jaringan pribadi virtual
adalah jaringan yang memiliki keamanan dan kecepatan sambungan pribadi dengan biaya yang lebih murah daripada jaringan internet.


0 komentar:

Posting Komentar

By :
Free Blog Templates